Minggu, 18 Desember 2016

TUGAS BAHASA INDONESIA : Meresensi Novel "AYAH MENGAPA AKU BERBEDA ?"

Tags

RESENSI NOVEL "AYAH MENGAPA AKU BERBEDA ?"






RESENSI NOVEL "AYAH MENGAPA AKU BERBEDA ?"





OLEH :

BELLA MIFTHA OCTAVIA NPM 16753008

KELAS : MI 1 A

MANAJEMEN INFORMATIKA
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2016


RIWAYAT KEPENGARANGAN
Agnes Davonar adalah sebuah fenomenal dalam dunia sastra Indonesia. Memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog dan kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan 5 novel online dan 140 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya.
Keunikan sendiri terdapat dalam nama Agnes davonar. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil dari nama adiknya yaitu Teddy Davonar. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.
Selain dikenal sebagai blogger papan atas Indonesia dengan sejumlah prestasi Internasional, ia juga dikenal sebagai penulis best seller yang telah melahirkan 8 Novel fiksi dan 2 Biografi sekses diakui di beberapa Perpustakaan Universitas Asia dan Australia sebagai koleksi resmi.
Agnes lahir di Jakarta, 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus. Mereka adalah dua saudara yang besar dalam lingkungan seni. Mereka berdua membentuk sebuah blog dengan situs www.agnesdavonar.net. Kini Agnes melanjutkan kehidupannya di Amerika Serikat dan Davonar melanjutkan kuliahnya kuliah di Universitas Tarumanegara. Mereka juga merintis gerakan sosial @Indonesia Berdoa yang memiliki lebih dari 45.000 follower sebagai yayasan amal mereka untuk anak-anak Indonesia dan mereka yang membutuhkan.

Agnes Davonar juga telah melahirkan 8 novel yang telah menjadi best seller, antara lain :
1.       Misteri kematian gaby dan lagunya 2008
2.      Surat kecil untuk Tuhan 2008
3.      Sahabat : tentang cinta, kisah sejati dan tragedy kehidupan 2009.
4.      Denny sumargo biografy 2009
5.      My Blackberry Girlfriend 2010
6.      My last love 2010.
7.      Kisah tragis Oei Hui Lan putri orang terkaya di Indonesia asal Semarang 2010
8.      Love And Life Chocolatos 2011
9.      Ayah mengapa aku berbeda ? 2011
Semua novelnya juga telah diadapatasi dan diterbitkan di Taiwan.
Beberapa dari novelnya yang telah diangkat ke layar  lebar adalah :
1.      Gaby dan lagunya (2010) Batavia picture
2.      Surat kecil untuk tuhan (2011) Skylar picture
3.      Ayah mengapa aku berbeda (2011) Rapi film
4.      My blackberry gilrfriends (2011)

IDENTITAS BUKU

Judul                                       : Ayah Mengapa Aku Berbeda?
Penulis                                     : Agnes dan Teddy Davonar
Penerbit                                   : Inandra Published 
Tahun terbit                             : 2011
Tebal buku                              : 234 halaman
Harga                                      : Rp. 35.000,-
Edisi Ke                                  : 1

SINOPSIS
Ayah,Mengapa aku Berbeda? karya pengarang Agnes Davonar. Ayah,Mengapa aku Berbeda? adalah sebuah novel yang diangkat dari kisah perjuangan hidup Angel, seorang gadis cilik tunarungu yang cacat sejak dilahirkan. Ibunya meninggal ketika ia terlahir dan ayahnya kemudian menjadi orang tua tunggal yang merawatnya dengan tulus. Walau Angel tak bisa mendengar apapun di dunia ini, Ayahnya berusaha membuatnya mandiri dan hidup dalam keadaan seperti anak-anak normal lainnya. Angel yang dianggap cacat harus berjuang keras untuk dapat diterima dalam sekolah umum. Selain itu, ia harus menghadapi kenyataan bahwa tidak semua orang yang mau menerima kehadirannya. Sekalipun harus menderita untuk mengejar pendidikan oleh hinaan dan caci maki sekitarnya, Angel tidak menyerah. Di saat bersedih, ia menemukan sesuatu dalam hidupnya. Angel memiliki bakat bermain piano walau mustahil baginya untuk mendengar apa yang ia mainkan sendiri. Hingga akhirnya ia tampil di konser panggung yang diadakan oleh sekolah, dan seketika itu semua terdiam dan terharu, Ibu Kepala Sekolah dan ibu Katrina tak kuasa menahan air matanya, semua penonton bertepuk tangan dan memberikan rasa hormat kepada Angel. Walau angel terlahir tidak sempurna dalam hidupnya tapi kini Angel percaya, bahwa Tuhan menciptakannya ke dunia ini dengan suatu tujuan, tujuan yang harus ia perjuangkan dengan keterbatasan fisiknya.
 Angel yang berhasil melewati masa kecilnya dengan penuh rintangan dan perjuangan. Angel pindah ke sebuah sekolah swasta dimana akhirnya dia dipertemukan kembali dengan Hendra sahabat kecilnya. Namun Agnes, musuh Angel ternyata juga pindah ke sekolah yang sama dan mereka satu kelas. Dendam yang sejak kecil terpendam akhirnya kembali terjadi ketika Martin, cowok yang dipuja Agnes menyukai Angel. Namun Hendra selalu menghalangi segala kejahatan Agnes terhadap Angel. Suatu ketika, Angel bertemu dengan Ferly di sebuah toko buku. Hingga akhirnya Angel bekerja di tempat yang sama dengan Ferly di café Piano sebagai pemain piano.
Kondisi seperti ini membuat hubungan angel dan Ferly membaik, dan ternyata mereka memilikiperasaan yang sama. Angel memang telah jatuh cinta pada Ferly, meskipun ferly hanyalah seorang pelayan café yang selalu menguatkan hatinya untuk tetap semangat. Di saat kebahagiaan mulai mendekat dalam hidupnya, cobaan berat kembali hadir dalam hidup Angel ia harus menerima kenyataan bahwa ferly meninggal akibat kecelakaan ketika ingin menjeput Angel. Ferly meninggal sambil mengenggam setangkai bunga mawar untuk diberikan kepada Angel.

KELEBIHAN
1.    Mengajak pembaca untuk berimajinasi, membayangkan runtutan cerita dalam novel.
2.    Kita dapat belajar menerima keterbatasan yang kita miliki dengan hati yang ikhlas.
3.    Bahasa yang digunakan komunikatif sehingga mudah dipahami.
4.    Ceritanya sangat inspiratif dan mengharukan, sehingga pembaca dapat merasakan apa yang disampaikan penulis.
5.    Isinya mengajak pembaca untuk memandang kekurangan seseorang dari sisi positifnya.
6.    Novel tidak terlalu tebal sehingga pembaca tidak sempat bosan jika membacanya.


KEKURANGAN
1.    Pada halaman di balik cover harusnya tidak usah dilampirkan gambar iklan chocholatos, menjadikan cover novel kurang menarik.
2.    Terdapat kata-kata yang kasar dalam (“anak budek yang sombong dan tidak tau diri, selamat!!”, hal. 126, paragraf 3)

GAYA BAHASA
 Bahasa yang digunakan komunikatif dan tidak terdapat istilah-istilah yang membingungkan pembaca, sehingga masyarakat awam pun dapat dengan mudah memahami runtutan peristiwa yang dimuat dalam novel ini.






1 komentar so far

terimakasih infonya sangat membantu, silahkan kunjungu kami http://bit.ly/2MDy4mT


EmoticonEmoticon