Kamis, 29 Desember 2016

CORPORATE IDENTITY - Pengertian dan Contoh

Tags



CORPORATE IDENTITY




Pengertian
Corporate Identity merupakan identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dan bisa juga berfungsi sebagai penanaman citra atau image yang bisa menjadikan sebagai daya tarik. 
Identitas perusahaan berdasarkan filosofi organisasi terwujud dalam budaya perusahaan yang berbeda. Identitas mencerminkan kepribadian sebuah perusahaan dan dari sinilah branding perusahaan tercipta.
Corporate Identity dalam suatu perusahaaan, berperan dalam menjawab pertanyaan seperti “siapa kita?” dalam arti dimata klien atau konsumen.
Disini perusahaan menunjukkan rasa kebersamaan atau hubungannya kepada klien atau konsumen.
Tantangan
Menentukan arah, design, nyawa dari sebuah korporasi tidaklah mudah. Penentuan arah dimulai dari tujuan didirikannya perusahaan atau bisnis, bidang industri yang dipilih, serta market yang dituju, perusahaan juga harus memiliki arah kreasi Corporate Identity yang berhubungan dengan branding perusahaannya. 
Sebuah identitas bisnis melakukan hal ini dengan meningkatkan daya tarik pasar untuk produk atau jasa bisnis.
Contoh Corporate Identity
 1.  Logo

Arti Logo
Logo, merupakan identitas yang paling utama selain dari slogan, lagu dll. Hanya dengan melihat logo salah satu bisnis, kita bisa langsung mengenal organisasi bisnis tersebut dan mengetahui reputasinya.

Membuat Logo
Pembuatan logo tampak seperti sederhana, namun tahukah anda seberapa keras team desainer logo yang mempersiapkan sebuah logo untuk pelanggannya?
Tahapan : riset, penggalian ide utama serta visualisasi ide, dan mendesain sedemikian rupa sehingga didapat visual yang baik serta (mungkin) beberapa alternatif ide.

 2. Kartu Nama

3. Kop Surat


4. Amplop






EmoticonEmoticon