Senin, 24 Oktober 2016

Apa itu Algoritma ?

Tags



Algoritma merupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu.
Algoritma akan lebih baik jika ditulis secara sistematis menggunakan beberapa skema, dalam buku ini akan dibahas mengenai skema Flowchart dan Pseudocode.


Program adalah formulasi sebuah algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga siap untuk dijalankan pada mesin komputer. Membuat program seperti memberitahukan apa yang harus dilakukan kepada orang lain.

Bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku dari sebuah mesin, biasanya berupa mesin komputer, sehingga dapat digunakan untuk memberitahu computer tentang apa yang harus dilakukan. Struktur bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa natural manusia, karena juga tersusun dari elemen-elemen dasar seperti: kata benda dan kata kerja serta mengikuti aturan untuk menyusunnya menjadi kalimat.

Dalam membuat algoritma, diperlukan suatu mekanisme atau alat bantu untuk menuangkan hasil pemikiran mengenai langkah-langkah penyelesaian masalah yang sistematis dan terurut. Pada dasarnya untuk bias menyusun solusi diperlukan kemampuan problem-solving yang baik. Oleh
karena itu, sebagai sarana untuk melatih kemampuan tersebut terdapat sebuah tool (alat) yang dapat digunakan, yakni flowchart. Secara formal, flowchart didefinisikan sebagai skema penggambaran dari algoritma atau proses. Tabel berikut menampilkan simbol-simbol yang digunakan dalam menyusun flowchart.


SIMBOL
FUNGSI

Terminator
Sebagai simbol ’START’ atau ’END’ untuk memulai atau mengakhiri flowchart.


Input/Output
Digunakan untuk menuliskan proses menerima data atau mengeluarkan data

Proses
Digunakan untuk menuliskan proses yang diperlukan, misalnya operasi aritmatika

Conditional / Decision
Digunakan untuk menyatakan proses yang membutuhkan keputusan

Preparation
Digunakan untuk memberikan nilai
awal

Arrow
Sebagai penunjuk arah dan alur
proses

Connector (On-page)
Digunakan untuk menyatukan
beberapa arrow


Connector (Off-page)
Digunakan untuk menghubungkan flowchart yang harus digambarkan pada halaman yang berbeda. Biasanya pada simbol ini diberi nomor sebagai penanda, misalnya angka 1.

Display
Digunakan untuk menampilkan data
ke monitor



Skema lain yang dapat digunakan untuk menyusun algoritma adalah pseudocode.
Pseudocode adalah bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu. Tujuan dari penggunaan pseudocode adalah supaya :
1. lebih mudah dibaca oleh manusia
2. lebih mudah untuk dipahami
3. lebih mudah dalam menuangkan ide/hasil pemikiran
Pseudocode sering digunakan dalam buku-buku tentang ilmu computer ataupun publikasi ilmiah untuk menjelaskan urutan proses atau metode tertentu. Seorang programer yang ingin yang ingin menerapkan algoritma tertentu, terutama yang kompleks atau algoritma baru, biasanya akan memulainya dengan membuat deskripsi dalam bentuk pseudocode.


EmoticonEmoticon