CORPORATE
IDENTITY
Pengertian
Corporate Identity merupakan identitas yang membedakan
antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dan bisa juga berfungsi
sebagai penanaman citra atau image yang bisa menjadikan sebagai daya
tarik.
Identitas perusahaan berdasarkan filosofi organisasi
terwujud dalam budaya perusahaan yang berbeda. Identitas mencerminkan
kepribadian sebuah perusahaan dan dari sinilah branding perusahaan tercipta.
Corporate Identity dalam suatu perusahaaan, berperan dalam menjawab
pertanyaan seperti “siapa kita?” dalam arti dimata klien atau konsumen.
Disini
perusahaan menunjukkan rasa kebersamaan atau hubungannya kepada klien atau
konsumen.
Tantangan
Menentukan arah, design, nyawa dari sebuah korporasi
tidaklah mudah. Penentuan arah dimulai dari tujuan didirikannya perusahaan atau
bisnis, bidang industri yang dipilih, serta market yang dituju, perusahaan juga
harus memiliki arah kreasi Corporate Identity yang berhubungan dengan branding
perusahaannya.
Sebuah identitas bisnis melakukan hal ini dengan meningkatkan daya tarik
pasar untuk produk atau jasa bisnis.
Contoh Corporate Identity
1. Logo
Arti Logo
Logo, merupakan identitas yang paling utama selain dari
slogan, lagu dll. Hanya dengan melihat logo salah satu bisnis, kita bisa
langsung mengenal organisasi bisnis tersebut dan mengetahui reputasinya.
Membuat Logo
Pembuatan
logo tampak seperti sederhana, namun tahukah anda seberapa keras team desainer
logo yang mempersiapkan sebuah logo untuk pelanggannya?
Tahapan
: riset, penggalian ide utama serta visualisasi ide, dan mendesain sedemikian
rupa sehingga didapat visual yang baik serta (mungkin) beberapa alternatif ide.
2. Kartu Nama
3. Kop Surat
4. Amplop
EmoticonEmoticon